Fixed Sidebar (true/false)


Jumat, 01 Desember 2017

cara mengganti oli motor dengan benar. Berikut ulasannya:
1. Sandarkan sepeda motor pada standar samping agar oli dapat keluar sampai habis.
2. Buka baut pembuang oli yang terletak pada bagian bawah mesin sekaligus keluarkan saringan oli.
3. Tampung oli yang keluar dengan suatu wadah.
4. Buka baut pengukur dari lubang pengisian.
5. Injak kick starter berulang-ulang dan embuskan pakai kompresor pada lubang pengisian agar sisa oli dapat terbuang habis.
6. Bersihkan saringan oli.
7. Bersihkan rotor saringan oli sebelum mengisi bak mesin dengan oli secara berkala.
8. Pasang kembali saringan oli dan baut penutup pembuangan oli.
9. Isi bak mesin dengan oli yang dianjurkan dan sesuai dengan jenis motor.
10. Pasang baut pengukur.
11. Hidupkan mesin dan biarkan berputar stasioner selama beberapa menit.
12. Matikan mesin dan sandarkan sepeda motor pada posisi tegak.
13. Periksa dan yakinkan bahwa tinggi permukaan oli berada di batas atas


CARA MENGGANTI BAN
1.Siapkan peralatan dan ban dalam baru.
Peralat yang dibutuhkan untuk mengganti ban dalam diantaranya :
a.Kunci sok ukuran 17mm (untuk membuka baut dishock depan bagian kiri)
b.Kunci Pas Ukuran 14mm (Untuk menahan kepala baut dishock depan bagian kiri)
c.Dua buah obeng min yang panjang (Untuk mencongkel bibir ban luar)
d.kunci pas ukuran 12 mm untuk mengendorkan dan mengencangkan baut ditempat lubang angin.
d.Ember bekas untuk mengganjal dek.
f.Pompa angin.
g.Ban dalam baru
2.Pompalah ban dalam yang baru untuk memastikan kondisi ban benar-benar tidak bocor.
3.lepas baut pengikat pada lubang angin. dan ganjal dek bagian bawah dengan menggunakan ember/kaleng cat bekas.
4. pasang kunci pas ukuran 14 dikepala baut shock sebelah kanan dan pasang kunci sok ukuran 17 dikepala baut shock sebelah kiri. posisikan anda didepan ban, tangan kiri memegang kunci pas dan tangan kanan memegang kunci shock dan tekan kunci shock kebawah. Ingat, gunakan kunci shock atau kunci yang lain tapi pegangannya yang panjang, fungsinya agar mendapatkan torsi yang lebih besar dan lebih mudah melepas kepala bautnya.
5.masukan obeng pertama kebibir ban didaerah sekitar lebuang angin, congkel bibir ban sampai keluar dari velk… masukan obeng kedua dan congkel lagi sampai bibir ban keluar (Bagian ini termasuk sangat susah). ganjalkan kunci pas dibibir ban yang sudah keluar. cabut obeng pertama dan congkel biir ban disebelah obeng kedua. dst.. sampai bibir ban lepas semua dan keluarkan ban dalam.
6.Lepas kepala baut 17 mm dengan ringnya dan Keluarkan “hub” dari lubang dengan cara didorong pake tangan. lepas rumah kabel spedometer dan lepas velk beserta cakram remnya dengan pelan-pelan.
7.Keluarkan ban dalam yang sudah bocor/rusak dan masukkan ban dalam baru. Posisikan rumah lubang angin pas dengan lobang untuk rumah lubang angin divelk.
8.Masukan semua ban dalam kedalam ban luar, masukan bibir ban sedikit demis edikit lalu tekan pakai tangan.
9.Setelah bibir ban masuk separo, baru gunakan obeng untuk memasukan dengan paksa sisa bibir ban (Bagian ini “uangel” (sulit) sekali )
10.Setelah ban luar daan ban dalam masuk kembali kedalam velk, pasang baut rumah lubang angin dan kencangkan. Pompa bannya dan pasang kembali velk kelubang shock. Masukkan hubnya dan pasang kepala baut 17 dilubang kanan shock serta kencangkan. Selesai…. Tes dulu muter-muter, kalau yakin sudah nyaman..berarti prosesnya bener dan tak ada masalah

0 komentar:

Posting Komentar